Senin, 20 Februari 2012

Suapan Terakhir


Bagian akhir dari proses adat Jawa hari ini adalah Suapan Terakhir. Ini masih lanjutan dari runtutan acara siraman sih sebenarnya.

Jadi, abis siraman aku dibawa ke kamar, di dandanin cantik lalu pake konde Jawa... (ya ampun, mukaku katanya cocok jadi orang Jawa).

Trus pake kebaya Pink Gold, ini sebenernya kebaya wisuda-an dulu sengaja ngga bikin lagi karena cuman dipake sebentarkan ya.. saya kalau bikin baru karena nanti malam aku kan ga midodarenian pake kabaya.  Dan bisa pake kebaya saat wisuda dulu itu sebuah kebanggaan..bangga karena ini badan muat lagi di itu baju.. Horey...

Okey balik lagi ke acara. Aku keluar kamar di temanin kedua adek aku...



Kemudian aku duduk diantara mama dan papa. Lalu aku di kasih "uang" hasil dari jualan dawet tadi (pas aku selesai siraman ada acara jualan dawet), katanya simbol sebagai bekal buat aku...



Kemudian (lagi), masuk lah ke prosesi suapan terakhir.. Jadi mama dan papa memberikan suapan nasi + lauk pauk-nya buat aku sebagai tanda suapan terakhir sebelum menikah.



Dengan dilakukannya suapan terakhir maka berakhirlah ritual adat Jawa Hari ini....

Kalau di adat Jawa snediri kan malam-malamnya lanjut acara Midodareni jadi dandanan cantik ini ga segera di hapus. Tapi berhubung aku ada malam bainai (adat minang), aku harus segera ke gedung tempat acara malam bainai dan ganti dandanan.

Tapi aku belum boleh ganti baju dulu karena harus nunggu kedatangan duto yang bawa air siraman tadi balik, karena sang Duto membawakan potongan rambut mas Andri yang akan ditanam bersama-sama dengan potongan rambut aku.




Nah kali ini bener-bener sudah selesai, aku langsung lepas konde, ganti baju dan menuju gedung acara Malam Bainai....

Gimana Malam Bainai aku ? dan gimana sebuah malam bainai yang akhirnya di mix dengan malam midodareni? di next post ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar