Minggu, 19 Februari 2012

Siraman part I

 Rangkaian acara ke 2 di H-1 ini adalah Siraman. Berhubung dipihak laki-laki ada ritual siraman, dan calon mama mertuaku menginkan dipihak wanita juga ada siraman.  Maka inilah cerita dari siraman.

Siraman sendiri menjadi hal yang "sesuatu" bagi keluarga aku yang aslinya orang minang. Kita ngga ngerti apa-apa, jadi semua di bawa bimbingan dari pihak perias.

Oh iya, cerita siraman ini aku bagi menjadi 2 bagian ya. Yang pertaman ini proses pencampuran air dan proses air akan dikirim ke pihak laki-laki.

Selesai pengajian tadi, aku segera dibawa ke kamar untuk di rias dan diganti pakaian siraman. Sambil menunggu aku siap. Air siraman pun mulai di campurkan.

Air ini dari 7 sumber, 6 dari mesjid dan 1 lagi itu air zam-zam . Dicampurkan dengan air yang sudah ada , aku request minta air hangat dan bunga-bunga.







Setelah air dicampurkan, diambil untuk diantar ke pihak CPP yang nantinya akan dicampurkan ke air siraman mas Andri.



Nah sepasang suami istri yang mengantarkan air itu disebutnya Duto, yaitu Aci (tanteku,adek mamaku) dan suaminya yang kebetulan orang Jawa.





 Nah, air pun diantarkan... selanjutnya prosesi Siraman part II








Tidak ada komentar:

Posting Komentar